artikel pilar - Ulasan ini kali mempunyai tujuan supaya Anda pahami apa itu Artikel Pilar / Pillar Konten, apa keunggulannya dan cara membuat artikel pilar yang sesuai usaha. Untuk Anda yang kerap bergelut dengan artikel SEO, artikel pilar barangkali sempat Anda dengar atau telah familier dengannya.
Sama seperti yang diketahui, pilar adalah penguat atau penyangga bangunan, lantas kenapa namanya harus artikel pilar? Untuk cari tahu sekitar pemahaman, kelebihan dan cara membuat artikel pilar SEO, baca ulasan dari Satu Digital di bawah ini.
Apa Itu Artikel Pilar?
Pemahaman artikel pilar ialah artikel dengan ulasan terancang yang berisi konten lebih dalam berkaitan sesuatu topik besar (General Topic). Umumnya artikel pilar memiliki tingkat penelusuran yang lebih tinggi, begitupun dengan kompetisinya.
Biasanya artikel pilar disebutkan Pillar Page, Cornerstone Artikel dan Pillar Post. Nama atau penyebutan artikel pilar didapatkan karena ciri-ciri artikel ini yang panjang dengan ulasan yang detil.
Susunan Konten Artikel Pilar
Ada 2 susunan konten atau bentuk isi ulasan dari artikel pilar, seperti Resource Pillar Page dan 10x Pillar Page. Ke-2 tipe susunan konten ini mempunyai ketidaksamaan dan kesamaan, tetapi dasar intinya harus dipunyai, seperti;
- Judul / Judul dengan H1 (isi Kata Kunci Sasaran)
- Ada keterangan pembuka berkaitan pengertian, background dan ulasan umum.
- Ada Daftar Isi / Table of Konten yang gampang kelihatan pembaca.
- Ada penyambung di antara topik khusus dengan sub-topik dengan memakai Hyperlink.
- Ada pemakaian intern / external link.
- Ada ringkasan diakhir artikel.
Resource Pillar Page
Resource Pillar Page ialah artikel pilar yang mempunyai isi ulasan yang sama-sama berkaitan dengan artikel lain dalam situs Anda yang mempunyai ulasan lebih dalam, umumnya disebutkan konten simpatisan / artikel cluster / topik cluster (Klaster Page / Klaster Konten).
Simpelnya bila Anda ingin membuat artikel pilar dengan ulasan berkenaan SEO, karena itu Anda dapat arahkan tiap sub-topik artikel pilar ke artikel cluster. Berikut contoh susunannya;
Judul Artikel : Tutorial Komplet SEO - Tambahkan Organik Traffic Dan Visibility Situs
- Pendahuluan :
- Mengulas kenapa SEO penting
- Mengulas dampak SEO pada situs dari imbas ke organik traffic, visibility dan perubahan situs
- Apa itu SEO?
- Menerangkan defisini SEO
- Mengulas tipe teknik SEO (SEO On-Page dan Off-Page)
- Sejarah singkat SEO
- Dasar SEO On-Page
- Dasar SEO Off-Page
- Tool SEO yang harus dipahami dan dipakai
- Teknikal SEO yang harus dipahami
- Taktik pembikinan konten SEO yang bagus
- Taktik SEO Lokal
- Cara menganalisis dan menghitung perform SEO
- Trend perubahan SEO nantinya
Dari contoh di atas, jika Anda membuat Resource Pillar Page, karena itu artikel cluster yang tersambung akan menerangkan tiap sub-topik lebih detil.
10x Pillar Page
10x Pillar Page ialah artikel pilar yang berisi ulasan berbentuk tutorial dan laporan yang dalam dan detil. Di mana artikel pilar ini memberi informasi lebih detil berkaitan sub-topiknya, dan menambah link ke situs yang lain supaya pembaca bisa pelajari keterangan selanjutnya.
Makna dari 10x, yakni 10 kali lebih bagus hasil dari penelusuran sesuatu topik yang diperlihatkan di halaman 1 Google. Triknya ketahuinya dengan berkunjung semua situs yang terdapat di halaman 1 dan menganalisanya.
Selanjutnya membuat konten yang lebih bagus agar bisa melampaui kompetitor itu. Dapat disebutkan jika artikel pilar datang dengan tujuan untuk memberi artikel yang lebih bagus ke pembaca dibanding artikel kompetitor Anda di Internet.
Tipe Konten Artikel Pilar
Ada banyak tipe konten artikel pilar yang tersering dibikin, seperti;
- How-To; berisi konten panduan, cara lakukan suatu hal dengan beberapa tahap yang terang dan detil. Misalnya seperti "Cara Membuat Back-link yang Baik dan Betul".
- What Is; artikel pilar berikut berisi jawaban atas pertanyaan yang Anda mencari. Misalnya seperti "Apa itu Back-link? Ciri-ciri Back-link Yang Baik", "Apa itu DA PA DR pada Situs?".
- Guide; berisi konten tutorial dasar sesuatu ulasan. Umumnya artikel pilar ini dibikin untuk yang baru memulai pada sebuah sektor yang menjadi ulasan. Misalnya seperti "11 Cara Memperoleh Back-link di Tahun 2023", "8 Cara Meng-Index Back-link Yang Sudah Dibikin".
- Resource or List; adalah konten pilar yang memberi informasi berbentuk directory yang menyambungkan artikel rekomendasi intern atau external. Misalnya seperti "10 Daftar Komplet Tool Untuk Menganalisis Back-link", "100 Back-link Gratis Terkini Dengan DA 90+", "10 Situs Evaluasi SEO Untuk Pemula Gratis!", " Kelompok 101 Situs Back-link Bookmark Untuk SEO".
- Report dan Case Study; berisi konten yang mengulas hasil study kasus dan laporan persoalan dari sejak awalnya sampai akhir. Isi konten pilar ini cukup detil karena tampilkan beragam tahapan dan perlakuan sampai pada akhirnya kasus itu capai sasaran yang diharapkan. Misalnya seperti "Study Kasus SEO Situs ABC Sampai Capai Halaman Satu Google", "Study Kasus Efektifitas Analisis dan Pembikinan Artikel Dan Efeknya Pada Tingkat Pengunjung Situs Di dalam 1 Tahun".
Mode artikel ini dapat disebutkan adalah penyangga keberadaan situs di Google. Umumnya minimum kata untuk artikel sekitaran 2.000 kata dan untuk optimal ucapnya tidak betul-betul terbatasi.
Kelebihan Artikel Pilar Untuk Menolong SEO
Bila Anda membuat artikel pilar, karena itu dampak positif dari mem-publish konten pilar, seperti;
- Dapat memperoleh semakin banyak pengunjung / organic trafik melalui konten yang berkualitas.
- Dapat memberi signal positif ke Google karena situs Anda mempunyai konten informasional.
- Sanggup menambahkan keyakinan untuk beberapa pembaca berkenaan integritas situs.
- Dapat membuat dasar lebih kuat untuk sebuah konten dan konten berkaitan yang lain.
- Kemampuan isi sesuatu situs bisa juga lebih terjaga karena ada artikel pilar.
- Lebih memudahkan kenaikan sasaran keyword halaman yang diberikan link.
- Sanggup menolong memperoleh alami Back-link, karena menjadi rekomendasi yang memiliki bobot.
Itu banyak kelebihan mempunyai artikel pilar di situs Anda. Dari keunggulannya itu, bisa diAnda harus memastikan untuk harus banyak memiliki artikel pilar dengan formasi yang benar dan baik.
Bagaimana Cara Membuat Konten / Artikel Pilar?
Pembikinan konten berkualitas semacam ini sebetulnya nyaris serupa dengan pembikinan artikel SEO umumnya. Tetapi memang seharusnya diterangkan kembali dengan detil, lebih dalam, dan sama sesuai karakter dasarnya yakni panjang.
Tetapi panjang lebih ditujukan berisi, tidak cuma mengulas topik secara ‘ngalor-ngidul'. Berikut sejumlah cara yang dapat kamu ikutinya supaya bisa membuat suatu artikel pilar.
Tetapkan Lifetime dan Topik Secara Umum
Cara pertama dalam membuat artikel pilar dengan pilih topik ulasan yang tidak rapuh oleh waktu atau kerap disebutkan Evergreen Konten. Artikel tipe ini tentunya tetap pantas dibaca sampai sekian tahun ke depan.
Artikel pilar harus dibikin dengan intens, dalam, mendalam, konsentrasi dan komplet. Kelompok topik ini lebih banyak dicari banyak pemakai Google untuk pahami sesuatu informasi lebih dalam.
Sejumlah point berikut ini barangkali dapat menolong Anda dalam jalankan langkah pertama untuk memperoleh topik ulasan yang akurat.
- Awali dengan penelitian keyword lebih dulu secara baik
- Melengkapi dengan keyword long tail dan LSI
- Bahasa yang dipakai harus baik dan baku
- Sumber harus sama sesuai, bila berkenaan ilmiah, karena itu dapat memakai kreasi ilmiah, jurnal dan lain-lain.
Menata Outline Artikel Pilar
Tahapan setelah itu menata Outline artikel pilar supaya artikel lebih terukur ulasannya dan sub-topik yang diulas dapat sama-sama berkaitan dengan topik khusus. Cara termudah menata Outline atau susunan sesuatu artikel dengan;
- Pahami Tujuan Dan Sasaran Pembaca
- Mengenali Point Khusus Ulasan
- Cari Sub-Topik
- Menata Susunan Dan Jalur Artikel
- Menambah Ringkasan Padat Di Akhir Artikel
- Memakai Pola Hirarkis
- Menjaga Paralelisme
- Mengikutkan Sumber Simpatisan
- Menjaga Koherensi Dan Keringanan Untuk Dibaca
- Lakukan Rekonsilasi Pengaturan Outline
Tulis Secara Alami Sambil Mengaplikasikan Aturan SEO
Selainnya disebut serupa artikel SEO, artikel pilar bisa juga disebutkan artikel SEO dengan tingkat selanjutnya. Pastikan untuk menulis dengan alami saja dan masih tetap memerhatikan beragam aturan SEO.
Artikel panjang itu masih tetap diperuntukkan ke beberapa pembaca yang disebut manusia, bukanlah untuk robot Google, apalagi cuma untuk menyiasati isi konten supaya masuk ke dalam halaman satu.
Disamping itu artikel ini harus enak dibaca, mendalam dan komplet. Isi artikel yang semacam ini yang mempunyai nilai baik untuk pembaca.
Melengkapi Dengan Infografik dan Gambar
Artikel pilar biasanya memiliki isi konten yang panjang, karena itu automatis jumlah ucapnya banyak. Efeknya pengunjung akan merasa jemu bila cuma menyaksikan teks saja.
Cara menyiasati permasalahan itu, yakni dengan cara memberi data infografik, gambar dan semacamnya yang sesuai sub-topik. Cara ini akan membuat mata beberapa pembaca juga bisa lebih fresh terbebas dari jumlahnya kata-kata.
Walau artikel ini panjang, tidak bisa melupakan ornament simpatisan itu. Anda bisa juga memberikan ornament seperti embed video dari Youtube, dan infografik beberapa poin dari artikel.
Melengkapi dengan gambar contoh bila memang dibutuhkan, tambah file-file simpatisan dapat berbentuk pdf, e-book dan lain-lain. Perlu di ingat, artikel pilar pertimbangkan lumayan banyak faktor, oleh karena itu dapat terbentuk artikel terancang dan komplet.
Ke arah Ke Sebuah Intern Link
Satu diantara hal dasar pada artikel pilar yakni intern link. Karena artikel pilar adalah artikel unggulan dan seharusnya memberikan beragam link berkaitan supaya bisa mendukung authority artikel yang lain.
Intern link bisa dipertambah pada kata-kata (Anchor) di pada suatu paragraf begitupun dengan external link yang dapat ditaruh di kata-kata atau diakhir artikel untuk sumber penulisan.
Bila dibutuhkan, bisa menambah external link. Tetapi harus terus dikenang, external link harus diberi di website dengan Authority tinggi dan berkaitan dengan ulasan.
Pembikinan pola intern link bisa dilaksanakan menataya di Excel. Misalnya artikel A akan memberi intern link ke artikel B, C, D dan E.
Tebaran Kata kunci Harus Jadi perhatian
Dalam pembikinan konten pilar, Anda pelu pahami apa itu "Kata kunci Densitas", yakni penebaran keyword yang perlu diberi dengan pas dan janganlah sampai kebanyakan atau terlampau sedikit.
Kira prosentase optimal yakni 1%. Contohnya jika artikel 1000 kata, kata kunci jangan melewati 10 kali. Pemakaian keyword yang terlalu berlebih justru akan akan jadi memperburuk kualitas konten.
Ini telah diberitakan oleh Google di ulasannya berkenaan Kata kunci Stuffing, yakni "Mengulangi kata-kata atau frasa yang masih sama demikian kerap hingga kedengar tidak alami. "
Atau juga bisa dengan menganalisis lebih pada suatu keyword yang diperlukan pada sebuah artikel dengan software WebSite Auditor dari link-assistant.com.
Dengan WebSite Auditor Anda dapat menganalisis jumlah kata, rerata pemakaian keyword pada sebuah artikel, jarak keyword, pesaing dan informasi komplet yang lain.
Menjaga Formasi Artikelnya
Walau telah panjang artikelnya, tapi bila tidak terancang pasti menjemukan. Anda perlu pastikan formasi jalur ulasan yang akurat. Dimulai dari memiliki banyak beberapa poin pada artikel pilar yang dibikin supaya lebih terancang.
Lantas harus ada sub-heading, yang diatur pasti dan jelas kan memberi bullets supaya makin komplet. Perlu Anda lihat , baik itu paragraf awalnya, sisi isi, dan sisi penutup seharusnya terlihat terang oleh pembaca.
Artikel Dibikin Sedetail Mungkin
Cara paling akhir menata artikel pilar yakni dengan pastikan lagi artikel dibikin komplet. Dengan semakin jumlahnya data yang diberi, makin bagus kualitas artikel yang dibikin. Karena argumen itu, coba sertakan sumber ilmiah didalamnya.
Tujuannya komplet teruslah harus selaras ataukah relate. Jika ulasan telah betul-betul habis, lebih bagus tidak dipaksa. Jangan paksa dalam penuhi standard jumlah minimum kata dalam artikel pilar.
Komplet maknanya mengulas detil sesuatu kata kunci. Jika keterangan sekitar kata kunci telah habis, tidak butuh kembali menambahkan ulasan secara memaksakan khususnya yang betul-betul tidak menyambung. Bila dipaksa, justru dapat membuat kualitas artikel menyusut.
Ringkasan
Artikel pilar dapat disebutkan artikel yang informasional sekalian berkualitas tinggi, artikel ini dapat mendukung usaha, merek, dan produk lebih terang. Melalui kedatangan artikel pilar, tiap artikel dapat tersambung bila menggunakan feature intern link.
Apabila sudah semacam itu, karena itu pasti baik sekali jika disaksikan dari sisi SEO. Bila cari jawaban dari apa ada artikel pilar ini penting atau mungkin tidak, sebetulnya lebih ke relatif. Karena akan bergantung website digunakan untuk maksud apa.
Bila murni adalah blogger, karena itu mode artikel ini menjadi penting. Lantas apa dapat ditanggung page one bila membuat artikel pilar? Jawabnya ialah tidak perlu.
Supaya bisa raih hasil page one, banyak hal harus disanggupi. Dengan lakukan optimisasi on-page sebetulnya masih tidak cukup. Pembuatan type artikel ini perlu sejumlah faktor dimulai dari detil ulasan topik, ada beberapa ide dan point.
Faktor yang lain seperti susunan penulisan sesuai aturan atau karakter SEO dan kalimatnya harus juga tidak berbelit. Tersebut ulasan singkat berkenaan artikel pilar, mudah-mudahan artikel ini kali dapat berguna untuk Anda.
Komentar
Posting Komentar